Kelas Daring Untuk SMK ini sengaja dibuat untuk Media Pembelajaran pada Jenjang SMK/MAK yang tentunya dapat membantu dalam belajar mandiri

Searching

Thursday 18 October 2018

Materi Komunikasi Dalam Jaringan Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital

   Dalam Mata Pelajaran Simdig, adapun yang dimaksud dengan “komunikasi dalam jaringan” (komunikasi daring) adalah komunikasi menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, ketika Alexander Graham Bell, imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon, komunikasi daring telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog. 
   Komunikasi daring menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet. Munculnya world wide web pada tahun 1990-an membuka ruang komunikasi daring yang lebih luas kepada pengguna internet. 
   Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien terbukti dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (misalnya Whatsapp, Line, Google Hangouts), e-mail (surat elektronik- surel) Facebook, dan Twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk memudahkan terjadinya komunikasi. Seseorang dituntut untuk cerdas memilih layanan daring yang sesuai dengan kebutuhannya. 


1. Jenis Komunikasi Daring 
   Penggunaan jenis sarana komunikasi akan memengaruhi keserempakan waktu komunikasi. Terdapat dua jenis komunikasi daring. 


2. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak) 
   Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi 
 menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut. 
   Text chat, adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung antara sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan internet). Komunikator dapat mengirim pesan dengan teks kepada orang lain yang sedang daring, kemudian orang yang dituju (komunikan) membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya. Itulah proses terjadinya text chatting.
   Video chat, merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda dengan syarat terkoneksi internet. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut video call). Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu), seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (satu-ke-banyak, atau banyak-kebanyak), seperti dalam Google+ Hangouts. 
 Videochatting sering disalahartikan dengan video conference. Videochatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (point to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint). 

3. Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak) 

   Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web. 

4. Komponen Pendukung Komunikasi Daring 
   Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut. 

5. Perangkat Keras (Hardware) 
   Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung lainnya. 

6. Perangkat Lunak (Software) 
   Program  komputer  yang  berguna  untuk  menjalankan  suatu  pekerjaan  yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya.

7. Daya Nalar atau Akal (Brainware) 
   Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring. 

8. Tata krama dalam komunikasi daring 
   Tata krama dalam komunikasi daring baik sinkron maupun asinkron. 

9. Pemanfaatan Komunikasi Daring Sinkron 
    Komunikasi langsung, serempak, atau sinkron adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dan lainnya. 
   Layanan text chat memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan teks dengan pengguna lainnya. Perbedaan mendasar antara text chat dengan e-mail adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang daring. Adapun e-mail dapat berupa komunikasi daring sinkron jika mitra komunikasi sedang daring dan di depan perangkat, dapat pula berupa asinkron jika mitra komunikasi tidak daring, pada hal ini isi informasi yang dikirim akan dibaca pada waktu yang berbeda. Contoh layanan text chat antara lain Google Hangouts, Yahoo Messenger, Facebook chat, dll. Terdapat juga layanan text chat yang berbasis pesan (messenger) seperti Telegram messager, Whatsapp, Line, Kakao Talk, dll.


   Berbeda dengan layanan text chat, layanan video chat, disebut juga video call atau video phone, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi antarpribadi, dengan menghadirkan mitra bicara dalam bentuk visual dengan suara ke hadapan komunikator. Pada umumnya, video chat harus dilaksanakan secara sinkron, di mana pengguna dan mitra bicaranya harus berada di depan komputer secara serempak (pada waktu yang bersamaan). Contoh layanan video chat antara lain Facebook Video Call, Skype, Google Hangouts, FaceTime, dan lain-lain.

  Video conference merupakan layanan video chat yang dilakukan oleh 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. Beberapa layanan video chat juga dapat digunakan untuk video conference, antara lain Google Hangout, Skype, Bigbluebutton, Cisco webex, dll.


Saat ini telah terdapat layanan video call dan video conference yang dapat digunakan secara bersamaan, contohnya antara lain: Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google Hangout, UMeetMe. Setiap layanan video call dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 
 Google Hangout merupakan layanan video chat dan video conference yang bersifat gratis dan memiliki beragam fitur di dalamnya. Fitur-fitur tersebut antara lain: video conference hingga 25 partisipan, berbagi layar, berbagi gambar atau foto, video, dll. Mempertimbangkan berbagai layanan tersebut, dalam Bahan Ajar ini akan dibahas pemanfaatan Google Hangout untuk melakukan komunikasi sinkron. 

10. Google Hangout 
 Google Hangout dapat digunakan untuk mengirim pesan, membuat panggilan audio 
 atau video, dan berbagi foto, lokasi, dan stiker. Selain aplikasi web, tersedia juga aplikasi mobile untuk iOS dan Android yang memungkinkan untuk melakukan hangout ketika berada di luar ruangan. 

 Hangout akan melakukan sinkronisasi secara otomatis pada perangkat yang digunakan. Jika ingin melakukan Hangout menggunakan komputer, maka dapat melakukan sinkronisasi dengan perangkat lain, misalnya smartphone. 
 Untuk menggunkan Hangout, harus dipenuhi persyaratan berikut. 
1) Akun Google. Jika belum memilikinya, silakan membuat akun Gmail terlebih dahulu pada materi Membuat akun Gmail; 
2) Perangkat yang memiliki mikrofon, kamera, dan speaker. 
 Setelah masuk pada akun Google, kita dapat mulai menggunakan Google Hangout di berbagai perangkat. Berikut adalah cara yang dapat digunakan untuk mengakses Google Hangout di berbagai perangkat. 

1) Gmail: Google Hangout termasuk dalam fitur Gmail ketika dibuka. Secara default, aplikasi ini terletak pada bagian kiri bawah halaman Gmail. 
2) Ekstensi Google Hangout: Ekstensi/Plugin Google Hangout tersedia untuk berbagai browser, misalnya pada Chrome. 
3) Aplikasi Mobile Google Hangout: Dapat diunduh melalui App Store pada iOS, dan Play store pada Android.
4) Melalui tautan http://hangouts.google.com: Masuk ke situs Hangout menggunakan Gmail. Tampilan ini yang akan difokuskan pada pembahasan kali ini. 
 Berikut adalah tampilan awal Google Hangouts.



Sumber : Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Untuk SMK/MAK

Share:

0 comments:

Post a Comment

Sitemaps