Berikut adalah beberapa materi yang umumnya diajarkan pada semester
genap di kelas XI Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG):
1.
Pemrograman Mobile: Pemahaman tentang
pengembangan aplikasi mobile lebih lanjut, termasuk penggunaan platform seperti
Android atau iOS, pemrograman aplikasi mobile yang kompleks, interaksi dengan
sensor perangkat, penggunaan layanan cloud, dan desain antarmuka pengguna
mobile.
2.
Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Objek:
Pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep pemrograman berorientasi objek
(OOP) seperti enkapsulasi, pewarisan, polimorfisme, abstraksi, desain kelas
yang baik, dan prinsip SOLID.
3.
Analisis dan Desain Perangkat Lunak: Meliputi
metode dan teknik analisis kebutuhan perangkat lunak, perancangan arsitektur
perangkat lunak, penggunaan diagram UML (Unified Modeling Language) yang lebih
lanjut, dan dokumentasi perangkat lunak.
4.
Pengujian Perangkat Lunak: Pemahaman yang lebih
mendalam tentang teknik pengujian perangkat lunak, termasuk pengujian
fungsional, pengujian integrasi, pengujian kinerja, pengujian keamanan, dan
otomatisasi pengujian.
5.
Pengembangan Gim (Game Development): Fokus pada
pengembangan gim yang lebih kompleks, termasuk desain gim, pengembangan grafis,
fisika simulasi dalam gim, kecerdasan buatan dalam gim, penggunaan mesin gim
(game engine), dan optimasi performa gim.
6.
Proyek Pengembangan Perangkat Lunak: Mungkin ada
proyek pengembangan perangkat lunak yang lebih besar dalam kelompok, di mana
siswa harus menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari
sepanjang semester.
Materi yang diajarkan dapat bervariasi tergantung pada kurikulum dan
institusi pendidikan yang bersangkutan. Oleh karena itu, disarankan untuk
merujuk ke kurikulum resmi dari institusi pendidikan Anda untuk informasi yang
lebih terperinci dan akurat tentang materi yang akan diajarkan pada semester
genap kelas XI Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) di institusi Anda.
0 comments:
Post a Comment