Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat
lunak pengolah angka yang menjadi bagian dari aplikasi Microsoft Office.
Perangkat lunak ini sering digunakan untuk mengerjakan perhitungan, menyimpan,
mengatur, dan menganalisis informasi. Pemanfaatan perangkat lunak ini sangat
beragam, mulai dari membuat pengaturan budget bulanan, mencatat dan merinci
neraca keuangan bisnis, ataupun mengelola data dengan jumlah sangat banyak
untuk keperluan analisis statistik. Aplikasi ini juga dikenal dengan nama
Spreadsheet (Excel) (spreadsheet).
Berbeda dengan perangkat lunak pengelola kata,
dokumen Excel terdiri atas kolom dan baris data, yang memuat sel data. Setiap
sel dapat berisi teks maupun nilai angka yang dapat dihitung menggunakan
formula.
Keterangan :
Nama Fitur
|
Fungsi
|
Quick Access
Toolbar
|
Kumpulan tombol pintas yang sering digunakan untuk
perintah umum. Bisa ditambah maupun dikurangi, namun secara default terdiri
dari Save, Undo, dan Redo
|
Ribbon
|
Berisi kumpulan tab yang sudah disusun berdasarkan
kategori tertentu, misalnya Home, Insert, Page Layout, Formulas.
Pada masing-masing
tab berisi beberapa kelompok perintah, misalnya Font, Alignment, Number.
|
Title
|
Menampilkan nama
dokumen yang sedang dibuka.
|
Name Box
|
Menampilkan
lokasi atau “nama” sel yang dipilih.
|
Cell
|
Sel adalah
setiap persegi panjang di dalam workbook, yang merupakan persimpangan antara
kolom dan baris
|
Row
|
Baris adalah
sekumpulan sel yang bergerak dari kiri ke kanan halaman, yang diidentifikasi
dengan nomor
|
Column
|
Kolom adalah
sekumpulan sel yang bergerak dari atas ke bawah halaman, yang diidentifikasi dengan
huruf
|
Formula Bar
|
Lokasi untuk
memasukkan atau edit data, formula, atau fungsi yang ada pada sel tertentu.
|
Scroll between
worksheets
|
Digunakan untuk menggeser worksheet.
Lebar kerja
(worksheet) atau disebut juga buku kerja (workbook). Setiap lembar kerja
memiliki satu atau lebih lembar kerja, misalnya: Sheet1, Sheet2,...dst. Klik
kanan untuk pilihan lainnya dan klik tab untuk beralih di antara mereka.
|
Click to add a
new worksheet
|
Digunakan untuk
menambahkan worksheet baru.
|
Normal View
|
Merupakan
tampilan mode standar, yang menunjukkan jumlah sel dan kolom yang tidak
terbatas
|
Page Layout View
|
Tampilan ini
akan membagi worksheet menjadi halaman.
|
Page Break View
|
Pilihan untuk
menampilkan overview worksheet, khususnya sangat membantu ketika ditambahkan
page breaks
|
Scroll Bar
|
Berada di bagian
bawah dan bagian kanan yang berfungsi untuk menggeser tampilan ke atas bawah
atau kanan kiri
|
Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada perangkat lunak
tersebut, kita dapat melakukan berbagai pengolahan informasi, misalnya dengan
memanfaatkan fitur berikut ini. 1. Baris dan Kolom Secara default, setiap tampilan baris dan kolom yang terdapat pada
workbook akan memiliki tinggi dan lebar yang sama. Lebar dan tinggi sel dapat
dimodifikasi sesuai teks yang dimasukkan.Gambar berikut merupakan contoh tampilan teks melewati
batas kolom B. Untuk melebarkannya dengan cara klik kolom B, kemudian posisikan
kursor di antara kolom B dan C sehingga muncul tanda panah ganda. Geser tanda
panah ganda ke kanan sampai tulisan memenuhi kolom B dengan hasil sebagai
berikut.
Sumber : Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital untuk SMK/MAK Bagian 1
0 comments:
Post a Comment